Kamis, 10 Februari 2011

Doddy, dan usaha Juice Q-ta.



Berawal dari Kegemaran Minum Jus

Sukses bisa diraih oleh siapa saja. Setidaknya hal itulah yang diyakini oleh Doddy, pemilik usaha Juice Q-ta. Ketika memulai usaha ini, ia adalah mahasiswa tingkat akhir di fakultas ekonomi Universitas Atma Jaya. Awal mula ide berjualan jus muncul ketika ia harus membuat tugas akhir kuliahnya. Ia mendapat tugas untuk merancang sebuah usaha. Alasannya untuk meniti usaha ini adalah kegemarannya meminum jus. Ia mengaku bahwa ia sering membuat jus sendiri di rumahnya, karena ia yakin bahwa jus adalah minuman yang mampu meyehatkan badan. Akhirnya ia mecoba untuk merancang sebuah perencanaan usaha yang diberinya nama Juice Q-ta.

Nama Juice Q-ta ini dipilihnya karena ia ingin para konsumennya kelak ikut merasa memiliki jus ini. Langah pertama yang ia lakukan untuk memulai usaha ini adalah menentukan deskripsi produknya terlebih dahulu. Ia membuat konsep minuman Juice Q-ta sebagai healthy drink, yang mampu memuaskan dahaga, memberikan kesegaran tubuh, sekaligus kesehatan. Kemudian ia pun merancang rencana pemasaran produknya. Setelah ia menyelesaikan tugas kuliahnya tersebut, pada akhirnya Doddy pun mencoba untuk merealisasikan rancangan usahanya tersebut.

Ketika memulai usahanya ini, Doddy sebenarnya sedang mengerjakan skripsi. Hanya saja pada saat itu ia sedang merasa jenuh sehingga skripsi tersebut pun tak ia rampungkan. Akhirnya ia mengambil keputusan untuk mengambil cuti sejenak dari kuliahnya dan mulai serius menggarap usaha Juice Q-ta. Ia mengaku bahwa ia motivasinya untuk mewujudkan usaha ini dipicu keinginannya untuk membiayai kuliahnya sendiri. “Selain itu saya juga pengennya kalo pacaran atau senang-senang pake uang saya sendiri, gak pake uang orang tua,” kata Doddy lagi. Dua hal tadi lah yang menjadi motivasi utamanya dalam menjalankan bisnis ini.

Awal merintis usahanya Doddy juga mengalami beberapa kesulitan. Hambatan yang kerap ia hadapi terutama datang dari para calon pekerjanya. Karena ia menetapkan standar takaran dalam pembuatan dan penyajian dalam Juice Q-ta, maka sebelum menerima seorang pegawai, ia terlebih dahulu memberikan pelatihan kepada calon pegawainya tersebut. Terkadang pegawai baru yang belum terbiasa salah memberikan takaran sehingga terkadang menimbulkan kerugian bagi dirinya. Pada awalnya ia juga banyak menderita kerugian karena banyak buah yang menjadi busuk akibat tidak laku terjual.

Untuk mengakali hal ini, maka Doddy pun pada mengurangi pesanan buah yang dibelinya dari Magelang. Setelah produknya dikenal dan ia mulai memiliki pelanggan tetap, barulah ia menaikkan jumlah pesanan buah-buahannya. Doddy juga mengaku bahwa hambatan yang dihadapinya dalam menjalankan usaha ini datang ketika musim hujan. Karena pada musim hujan cuaca cenderung dingin, maka jumlah pembeli jusnya mengalami penurunan. Terkadang banyak buah-buahan yang terbuang. Maka ia pun mengurangi jatah pembelian buah-buahan ketika musim hujan datang.

Untuk mengatur para pegawainya ia mengangkat seorang koordinator. Setiap harinya ketika pasokan buah-buahan yang dipesan datang, maka koordinator tersebutlah yang membagi-bagikan buah-buahan tersebut untuk kemudian diantarkan ke gerobak-gerobak Juice Q-ta yang tersebar di berbagai pelosok kota.

Sebelum menempatkan gerobaknya di suatu lokasi, Doddy terlebih dahulu melakukan survei. Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang dianggapnya strategis, seperti kawasan kampus, perumahan, atau tempat di mana banyak orang berseliweran. Jadi tidak mengherankan apabila kita menemui banyak gerobak Juice Q-ta yang ditempatkan di depan toko. Cara berjualan dengan menggunakan gerobak juga memudahkan Doddy untuk menempatkan barang dagangannya karena bentuknya yang mobile, bukan bangunan permanen, sehingga mudah untuk diatur dan dipindahkan.

Menurut Doddy pemilihan lokasi menjadi sebuah hal yang sangat penting. Kesalahan penempatan lokasi bisa menimbulkan kerugian bagi bisnis. Oleh karena itu survei dan pengamatan tempat untuk berjualan sangat krusial dalam sebuah usaha. Dalam melakukan survei juga perlu dilakukan pengamatan tentang keadaan sekitar lingkungan tersebut. Misalnya ketersediaan listrik, air, serta orang-orang yang berada di lingkungan tersebut, apakah sesuai dengan target pasar yang dituju.

Pemilihan lokasi yang dilakukan oleh Doddy didasarkan atas beberapa pertimbangan. Pertama, daerah yang dipilih adalah daerah yang ramai, misalnya daerah kampus, perumahan atau pertokoan sehingga memudahkan konsumen dalam menjangkau produk. Penempatan produk juga dilakukan di jalan-jalan besar utama yang ada di Yogyakarta, misalnya di Jalan Solo, Jalan Kaliurang dan Jalan Magelang yang dipadati oleh banyak kendaraan. Di daerah-daerah tersebut juga terdapat banyak pertokoan. Ketiga adalah ketersediaan biaya yang ada. Untuk sewa di depan rumah tarif dikenakan kepada Doddy berkisar antara Rp 150.000-Rp 200.000 setiap bulan. Harga ini sudah termasuk biaya untuk listrik. Sedangkan biaya yang dikenakan untuk sewa di depan toko bisa mencapai Rp 1.000.000 setiap bulannya.

Kesuksesan Juice Q-ta

Dari kesuksesan usaha Juice Q-ta ada beberapa hal yang dapat kita pelajari adalah semangat dan motivasi yang dimiliki oleh Doddy untuk merintis usaha ini. Dalam menjalankan usahanya Doddy menaruh komitmen yang tinggi dalam mewujudkan konsep yang telah dirancangnya. Ia juga memiliki semangat pantang menyerah dalam menjalankan dan memajukan bisnis ini. Ia juga cermat dalam membelanjakan uangnya. Modal usaha awal yang ia gunakan untuk bisnis ini ia peroleh dari hasil tabungannya sendiri.

Untuk segelas jus harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 3.500 – Rp 6.000. Rasa buah yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari jus jeruk, apel, jambu biji, alpukat, mangga, nenas, wortel, tomat dan lain sebagainya. Untuk satu gelas jus Doddy menetapkan digunakan satu buah utuh sehingga cita rasa buah benar-benar terasa dalam Juice Q-ta. Selain itu Doddy juga menggunakan bahan-bahan tambahan berkualitas lainnya seperti gula dan susu kental manis dengan merek yang memiliki jaminan mutu.


3 komentar:

  1. malem gan

    saia mau tanya klo saia mau frenchise juice qta gimana ya caranya?

    trimakasih sebelumnya n di tunggu kabar secepatnya..

    BalasHapus
  2. Selamat sore, saya juga berminat ingin frenchaise jus Q-ta. Bagaimana caranya? Ada kontak personalnya tidak. Mohon balasanya terimakasih

    BalasHapus
  3. Selamat sore, saya juga berminat ingin frenchaise jus Q-ta. Bagaimana caranya? Ada kontak personalnya tidak. Mohon balasanya terimakasih

    BalasHapus